Jumat, 20 Februari 2015

”Jangan menyebut nama TUHAN ALLAH_MU dengan Sembarangan “



Ada tertulis “Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.” (Kel 20:7). Nama TUHAN adalah nama yang bertahta dan berKuasa di atas segala nama yang ada di muka bumi ini dan Ia mampu melakukan segala sesuatu yang Tuhan Yesus kehendaki, maka akan terjadi menurut kehendaknya. Di sini Tuhan mengatakan dalam ALKITAB bahwa jangan menyebut Nama Tuhan ALLAHMU dengan sembarangan, siapapun yang menyebut nama_Nya dengan sembarang Tuhan akan menghukum. Jadi dalam kita berbicara dan berfikir, kita harus tau kata-kata apa saja  yang akan kita sebut dengan sembarangan. Contoh kecil saja pernahkah anda menyebut nama teman anda pada saat teman anda lagi dalam keadaan tidak berbicara atau lagi diam dan tidak mau ikut bergabung bermain, terus anda sebut namanya dan panggil @jeany Setya langsung dia berbalik dan marah adoh teman jangan sebut sa punya nama sembarang kh, ataukah teman anda berbalik dan bergabung maen dengan anda ! entahlah. Setiap tipe kita manusia berbedah-bedah ada yang cepat marah dan ada yang dibiarkan begitu saja ketika namanya di sebut. Tetapi kalau untuk Tuhan tidak bisa kita sebut sembarangan kapanpun dan dimanapun kita berada, karena nama TUHAN  sangat, sangat dan sangat berKuasa di atas segala nama yang ada di dunia ini. Kita bisa sebut nama Tuhan asalkan kita musti harus lihat keadaan dan situasi saat itu supaya ko tidak salah dalam memanggil atau menyebutnya sembarang.
Saya dan anda punya nama itu hanya nama yang biasa saja yang di berikan oleh orangtua kita. Trapapa sudah kalau kita manusia punya nama itu mau di sebut sembarang dan kayak apa kita mau di panggil yang Penting di sini ! kita harus berfikir 2 x ,3x  untuk sebut nama Tuhan. Dalam kita bermain, bercanda, bekerja maupun bersantai kita harus mampu membedahkan , bagaimana? Saya harus sebut Nama TUHAN dan waktu apakah saya harus menyebutnya.
Contoh waktu-waktu  kita seperti ini yang pantas kita sebut yaitu, saat kita sakit boleh kita berseru dan berdoa meminta penyembuhan ilahi dari Tuhan dan menyebut nama_NYA dalam Doa, agar Tuhan dapat menyembuhkan segala sakit penyakit kita, ataupun saat Hamba Tuhan maupun siapa saja yang lagi berbicara, merenungkan serta memberitakan Kebenaran FIRMAN TUHAN itu boleh sebut Nama TUHAN kerena itu tentang Kehidupan yang Kekal atau kita bisa sebut nama Tuhan itu kita lihat saat sedang apa dan saat situasi seperti apa boleh kita sebut.
Mari kita lebih berhati-hati lagi dalam pengucapan kata-kata kita saat berbicara ataupun dalam keadaan apapun. Banyak sekali kata-kata dan kalimat yang sa  pernah dengar dari sa punya  teman-teman disekitar sa, entah itu baik buruk menyebut nama TUHAN. contoh !! ‘’Tuhan seh sa mo begini baru tidak jadi tuh bikin jengkel skali, Yesus sa su terlambat ikut kegiatan itu mampus sudah,  sio Tuhan e sa cinta dia baru kenapa begini dan begitukh ”  dan masih banyak sekali yang sudah tidak lazim di sa telinga untuk mendengarkan berulang-ulang penyebutannya.
Coba anda baca ulang Kalimat yang bercetak hitam dan miring serta coba anda renungkan sekejap saja, kalimat diatas tersebut sebenarnya kita meyuruh Tuhan untuk meolong, bantu kita atau sebenarnya kita marah Pada Tuhan? Entahlah! coba hayati baik-baik dengan kalimat tersebut. Supaya kita tidak selalu salah dalam menyebut nama_Nya, coba ko fikir saja iya betul kh tidak ee kalau sa sebut sembarangan nanti sa dapat sanksi atau hukuman kh tidak dari YESUS?  Itu semua kembali ke ko saja apa kah ko masih mau sebut nama_NYA yang Kudus serta memperhatikan Perintah dan Peringatan-Nya karena sudah Jelas di Kitab Keluaran 20  di situ tentang  “10 PERINTAH HUKUM TAURAT”  yang musti kita harus dan Harus taati khususnya di ayat ke 7.
Dalam hal berbicara dan berkata-kata sa sebelum berbicara itu sa berfikir duluh kata-kata dan kalimat apa saja yang sa harus keluarkan dari mulut saya supaya sa tidak salah saat sa berbicara, karena sa tau nama Tuhan itu tidak baik untuk kita sebut sembarang. Kalau ko mau sebut sembarang kan masih banyak kata-kata, kalimat dan nama-nama yang pantas untuk ko sebut.
Mengapa dan apa sebabnya ko sebut nama TUHAN SEMBARANGAN ?, apa tidak ada nama lain selain nama Yesus yang ko sebut setiap hari padahal masih ada nama yang lain di mana-mana. Kalau ko mau sebut nama TUHAN YESUS itu ko harus fikir-fikir duluh, supaya ko tidak salah dan lebih berhati-hati dalam mengucapkannya.
Yang penting disini kenapa ko harus sebut nama TUHAN  contohnya : saat sakit, saat ko butuh Tuhan, saat ko hadapi masalah atau tantangan, saat ko hadapi ujian, ko bisa berdoa ataupun sebut nama_Nya dalam Hatimu, bilang Tuhan sa butuh ini, sa butuh itu dan sa memerlukan dikau Tuhan, pasti Tuhan akan mendengar dan menjawabnya. kita harus membedakan saat apa kita sebut nama Tuhan dan saat apa kita tidak boleh sebut Nama Tuhan dengan sembarangan dan mari  kita mengingat untuk menyebut dan menggunakan nama Allah dengan semestinya, yaitu untuk memberikan kekuatan kepada kita, untuk mengingat dan memaklumkan kasih, kebaikan dan keadilan-Nya, serta memuliakan dan menyembah-Nya.
                                                                            
             


Tidak ada komentar:

Posting Komentar